Persipura 2 vs 1 AREMA (21 Okt 2014)

Fight‬ :

- Persipura 2 vs 1 AREMA  -
Stadion Mandala Jayapura
Selasa, 21 Oktober 2014
Kick Off 13.00 WBA | Live RCTI & K-Vision 

SalamSatuJiwa Arema
REVIEW : Persipura 2 vs 1 AREMA (21 Okt 2014)

Arema melakoni laga lanjutan Indonesia Super League [ISL] melawan Persipura Jayapura. Berbeda dengan laga pertama di Kanjuruhan. Singo Edan kini memainkan pola 3-5-2 dengan menempatkan Cristian Gonzales dan Alberto Goncalves sebagai striker kembar.
Babak Pertama
Di awal babak pertama, Singo Edan harus berjibaku mengatasi tekanan-tekanan yang diberikan oleh tuan rumah. Boaz Solossa dan Ian Kabes mendapatkan sokongan penuh dari Robertino Pugliara.
Di menit keempat, Boaz Solossa bergerak dengan sangat cepat menyongsong umpan terobosan dari Robertino. Namun, sang pemain terlihat melakukan kontrol dengan tangan. Meskipun diprotes oleh pemain Arema, namun tidak ada hukuman kartu kuning yang diberikan oleh wasit.
Dua menit kemudian, Persipura memperoleh kesempatan emas. Situasi kemelut yang terjadi di depan gawang Arema membawa Robertino kesempatan untuk mencetak gol. Beruntung, Kurnia Meiga sangat tenang untuk menangkap si kulit bundar. 
Arema tidak patah semangat ketika di tekan. Bahkan di menit ke-12, usaha Benny Wahyudi memberikan umpan silang kepada Gustavo Lopez membuat pemain Argentina itu bisa memberikan umpan kepada Gonzales. Bola kemudian disundul dan diarahkan kepada Beto. Beruntung bagi Persipura karena tembakan voli Beto yang sangat keras bisa dihadang oleh Yoo Jae Hoon.
Di menit ke-27, Arema berhasil unggul terlebih dahulu. Sebuah umpan Gustavo kepada Beto berhasil diteruskan menggunakan tumit. Kondisi dua pemain Persipura yang terpancing untuk melakukan pengawalan membuat Gonzales berdiri besar. Tebasan kaki kiri yang dia lakukan membuat bola meluncur mulus ke sisi kiri gawang.
Ketinggalan satu gol membuat Persipura aktif menekan. Sisi sayap kanan Arema yang dihuni oleh Benny Wahyudi menjadi titik serangan itu dimulai. Termasuk gol penyama yang mereka lakukan.
Berawal dari kejelian Boaz, Ruben Sanadi menerima umpan dan melakukan overlap ke depan, dengan kecepatan yang dia punya, bola berhasil diumpan ke tengah dan mudah saja diselesaikan oleh Ian Louis Kabes.
Usai kebobolan, Arema mengubah strategi menjadi 4-3-1-2, perubahan ini dilakukan dengan cara menggantikan Benny Wahyudi dengan Juan Revi. Namun, skor 1-1 tidak berubah hingga babak pertama.
Babak Kedua
Di babak kedua, tidak ada perubahan yang dilakukan oleh masing-masing pelatih. Di awal babak ini Persipura terus memberikan tekanan, tentu kondisi ini membuat pemain Arema nampak berhati-hati.
Di menit ke-50, pelanggaran keras Lim kepada Gustavo Lopez tidak memberikan efek apapun kecuali tendangan bebas. Meski sempat diprotes oleh pemain Arema, namun wasit tidak menghiraukan protes dan tidak mengeluarkan kartu.
Di saat Persipura memasukkan pemain dengan bertipe menyerang yaitu Ferinando Pahabol dan Ricky Kayame. Arema nampaknya meladeninya dengan menurunkan Samsul Arif menggantikan I Gede Sukadana. Tentu, jaminan 4-3-3 melawan 4-3-3 menimbulkan keseruan karena permainan menjadi lebih terbuka.
Mutiara Hitam punya peluang emas di menit ke-79, kerjasama satu dua antara Boaz dengan Robertino sukses membongkar pertahanan Arema. Namun, lagi-lagi Kurnia Meiga sukses menyelamatkan gawangnya dari tembakan keras Boaz.
Empat menit menjelang bubaran, terjadi keributan antara pemain. Ruben Sanadi yang berbenturan dengan Dendy Santoso tidak terima dan mencoba menghajar pemain yang baru masuk gantikan Alberto Goncalves itu. Keributan makin meluas karena LOC juga turut mencekik leher dari Kurnia Meiga. Kedua pemain itu akhirnya mendapatkan kartu merah, sementara Kurnia Meiga mendapatkan kartu kuning.
Hampir 7 menit keributan tersebut membuat laga ditunda. Dan wasit pun memberikan tambahan waktu hingga delapan menit.
Petaka terjadi di menit akhir, situasi kemelut membuat Robertino Pugliara mendapatkan peluang bagus untuk menembak. Lewat tembakan placing, bola berhasil diarahkan dengan baik ke sisi kanan gawang. Skor 2-1 untuk kemenangan Persipura.
Hasil ini membuat Persipura kini mendapatkan enam poin dari dua kali menang. Sementara Arema tetap ada diatasnya dengan tujuh poin dari dua menang dan sekali imbang.

SUSUNAN PEMAIN
Persipura Jayapura
Yoo Jae Hoon; Yhanis Tjoe, Dominggus Fakdawer, Yustinus Pae, Ruben Sanadi; Lim Jun Sik, Nelson Alom, Imanuel Wanggai, Robertino Pugliara; Ian Louis Kabes, Boaz Solossa
Cadangan: Dede Sulaiman, Daniel Tata, Jaelani Arey, Izaac Wanggai, Ronny Beroperai, Ferinando Pahabol, Ricky Kayame
Arema
Kurnia Meiga; Victor Igbonefo, Thierry Gathuessi, Purwaka Yudi, Alfarizi; Hendro Siswanto, I Gede Sukadana, Gustavo Lopez; Benny Wahyudi, Alberto Goncalves, 10 Cristian Gonzales
Cadangan: I Made Wardana, Munhar, Jimmy Suparno, Samsul Arif, Dendi Santoso, Sunarto, Juan Revi
sc: wearemania