Kanjuruhan Stadium

 
Stadion Kanjuruhan adalah sebuah stadion sepak bola yang terletak di Kepanjen, Malang, Jawa Timur, Indonesia. Kapasitasnya berjumlah 35.000 tempat duduk. Stadion ini merupakan markas kesebelasan sepak bola asal daerah Malang, yakni Arema Indonesia.

Stadion Kanjuruhan dipilih sebagai home base Arema Indonesia. Stadion ini berada di Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, Propinsi Jawa Timur, Indonesia. Letaknya sekitar 26 kilometer arah selatan dari pusat Kota Malang. Stadion Kanjuruhan dibangun sejak tahun 1997 dengan biaya lebih dari 35 miliar. Tanggal 9 Juni 2004, stadion ini diresmikan oleh Presiden Megawati Soekarnoputri, saat pembukaan digelar pertandingan kompetisi Divisi I Liga Pertamina Tahun 2004, antara Arema melawan PSS Sleman. Pertandingan berakhir untuk kemenangan Arema 1-0.

Stadion Kanjuruhan memiliki luas 3,5 hektar dengan kapasitas tempat duduk 40.000 penonton. Memiliki lampu stadion dengan daya penerangan iluminansi rata-rata 1,282,500 Lux , setiap tiang terpasang 20 buah bola lampu. Stadion Kanjuruhan terdiri fasilitas Tribun Utama dengan luas lantai dalam 2.736 M2 dilengkapi ruangan hall, media center, loket karcis, ruang penjaga, mushola, ruang pengelola, ruang wasit, ruang fitness, ruang ganti pemain, ruang pemanasan, ruang istirahat, ruang mandi bersama, ruang kesehatan, gudang alat olahraga, dan toilet pria dan wanita.

Tribun utama lantai dua dengan luas 1.521 M2 memiliki ruang kantor cabang olahraga, hall dan ruang pameran, kamar mandi/wc. Sedangkan tribun utama lantai tiga dengan luas 1.521 M2 memiliki ruang tempat duduk 520 VVIP, 2700 VIP, undangan dilengkapi kamar mandi/wc.

Tribun umum atau kelas ekonomi memiliki luas lantai dalam 12.810 M2, dengan kapasitas 40 ribu orang. Stadion Kanjuruhan dilengkapi pula fasilitas kios untuk dalam 4.800 M2 dan bagian luar 1.494 M2, rumah genset, tendon air, lampu penerangan jalan, lampu taman, lampu sorot, lampu peringatan lalu lintas, listrik, bak control, telepon. Terpenting lagi dilengkapi lima pasang hydrand, empat buah penyiraman rumput otomatis. Untuk menjaga kebersihan, dilengkapi dua buah container sampah, 90 tong sampah.

Ukuran dan Dimensi Lapangan Permainan
Ukuran keseluruhan luas lapangan rumput di Stadion Kanjuruhan adalah 130 m x 85 m, dengan ukuran lapangan permainan 105 m x 68 m.

Batas Rumput Lapangan
Area lebar rumput dari garis batas lapangan permainan 1,5 m

Spesifikasi dan Kualitas Lapangan
Rumput Stadion Kanjuruhan variasi rumput lamuran atau lokal dan impor. Kondisi rumput lapangan berwarna hijau rumput, selalu dirawat dalam keadaan lembut dan rata. Untuk perawatan terdapat penyiraman rumput otomatis yang berjumlah 4 (empat) buah lengkap dengan instalasinya total yang terletak di pinggir lapangan (**)

Alamat Stadion Kanjuruhan
Jl Trunojoyo Kompleks Stadion Kepanjen 65163
Kabupaten Malang-Jawa Timur-Indonesia
Telp/Fax : 0341-393700